Tata Cara Sholat Hajat dan Keistimewaannya

Tata Cara Sholat Hajat dan Keistimewaannya

Agama Islam merupakan salah satu agama yang banyak memberikan kesempatan kepada manusia untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT. Tata cara sholat hajat merupakan hal yang juga harus dipahami dan menjadi salah satu alat yang dapat digunakan oleh manusia demi mendapatkan pahala dari Allah. Umat Islam diwajibkan untuk menjalankan sholat lima waktu pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Karena merupakan sholat wajib, umat Islam yang meninggalkan sholat lima waktu akan mendapatkan dosa.

Keistimewaan Mempelajari Tata Cara Sholat Hajat

Selain sholat wajib, umat Islam juga dapat menjalankan ibadah sholat sunnah. Berbeda dengan sholat lima waktu, sholat sunnah merupakan sholat yang tidak harus dilakukan oleh umat Islam. Jika sholat sunnah tersebut dilakukan, umat Islam akan mendapatkan pahala. Jika sholat sunnah ditinggalkan, umat Islam tidak akan mendapatkan apa-apa dan tidak berdosa. Salah satu sholat sunnah yang banyak dilakukan oleh umat Islam adalah sholat hajat.

Sholat hajat sendiri merupakan sholat sunnah mu’akad yang memiliki manfaat bagi para pelakunya. Sholat hajat dapat dilakukan dengan dua rakaat hingga dua belas rakaat. Setiap dua rakaat sholat, sholat hajat harus diakhiri dengan salam. Sholat hajat dilakukan ketika umat Islam memiliki keinginan atau hajat yang ingin mereka capai. Jika Anda ingin melakukan sholat hajat, Anda harus mengetahui mengenai tata cara sholat hajat dengan baik dan benar agar mendapatkan manfaat dari sholat tersebut.

Tata Cara Sholat Hajat

Jika Anda memperhatikan mengenai tata cara sholat hajat, Anda akan mengetahui bahwa pelaksanaan sholat hajat mirip dengan sholat wajib atau sholat sunnah lainnya. Sholat hajat diawali dengan membaca niat dan diakhiri dengan salam. Yang membedakan sholat hajat dengan sholat-sholat yang lainnya adalah niat dari sholat hajat itu sendiri.

Sebelum melaksanakan sholat hajat, pastikan jika tubuh Anda terhindar dari najis. Pakaian yang Anda kenakan harus bersih, menutup aurat dengan baik dan menghadap ke arah kiblat. Agar Allah SWT mengabulkan segala macam permintaan yang diinginkan, Anda sebaiknya memohon doa kepada Allah dengan cara yang baik.

Tata Cara Sholat Hajat

Agar Anda lebih memahami mengenai tata cara pelaksanaan sholat hajat, simak ulasannya di bawah ini:

  • Membaca bacaan niat holat hajat
  • Mengucapkan takbiratul ikhram. Pengucapan takbiratul ikhram sebaiknya dilakukan dalam posisi berdiri. Jika tidak mampu berdiri, pengucapakan takbiratul ikhram dapat dilakukan pada posisi duduk atau posisi tidur
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca bacaan surat Al- Fatihah
  • Membaca suratan pendek.
  • Melakukan Ruku’
  • Melakukan I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud
  • Berdiri dan menjalankan rakaat kedua
  • Membaca surat Al- Fatihah
  • Membaca suratan pendek.
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud
  • Diakhiri dengan salam

Jika Anda telah mengenai mengenai tata cara sholat hajat, Anda tentunya ingin mengetahui akan waktu pelaksanaan sholat hajat dan keistimewaan apa saja yang dimiliki oleh sholat hajat bukan. Jika Anda ingin melaksanakan sholat hajat, sholat sunnah tersebut dapat dilakukan pada waktu kapanpun. Anda dapat melaksanakan sholat hajat pada waktu yang Anda inginkan.

Waktu Haram Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Meskipun begitu, ada waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat hajat. Waktu dimana Anda mendapatkan datang bulan atau menstruasi merupakan waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat hajat.

Selain itu, waktu ketika matahari berada di puncaknya, ketika waktu sholat subuh tiba dan waktu ketika matahari terbenam dengan sempurna merupakan waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat hajat. Tidak hanya akan berdosa jika melaksanakannya, keinginan yang Anda inginkan tidak dapat terpenuhi dengan baik jika pelaksanaan sholat hajat dilakukan pada waktu yang tidak tepat.

Manfaat Sholat Hajat

Setelah mengetahui tata cara sholat dan waktu pelaksanaan sholat hajat,

berikut ini merupakan manfaat atau keistimewaan yang dimiliki oleh sholat hajat:

Mempermudah Terkabulnya Doa-Doa Yang Diinginkan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, umat Islam yang menjalankan sholat hajat merupakan sosok yang ingin keinginannya dipenuhi oleh Allah SWT. Karena itulah, manfaat sholat hajat yang utama adalah memenuhi doa-doa atau keinginan yang diinginkan oleh umat muslim. Meskipun begitu, keinginan yang diinginkan oleh umat muslim harus berada pada ajaran Islam dan tidak boleh untuk tujuan yang salah.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT dengan Sholat Hajat

Sebagai umat Islam, Anda tentunya mengetahui tujuan Anda hidup di dunia. Umat muslim yang hidup di dunia memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat hajat sendiri merupakan salah satu ibadah yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Anda dapat pula menjalankan sholat-sholat lainnya agar dapat mendekatkan diri dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Menghindari Diri Dari Kesulitan Dan Bahaya

Menghindari diri dari kesulitan dan bahaya dapat dilakukan dengan menjalankan sholat lima waktu. Selain sholat lima waktu, Anda dapat pula menjalankan ibadah puasa atau sholat sunnah agar terhindar dari kesulitan. Sholat hajat sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang dapat Anda lakukan demi terhindar dari bahaya dan kesulitan hidup.

Sholat Hajat Meningkatkan Ketakwaan

Ketakwaan seseorang dapat dilihat dari banyaknya ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Ibadah seperti sholat hajat menjadi alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan ketakwaan. Tidak hanya sholat hajat, Anda dapat pula melakukan puasa dan perbuatan baik lainnya agar ketakwaan Anda dapat bertambah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

masjid terbesar di indonesia
Masjed Islamic Center Samarinda

Sholat Hajat Memperoleh Surga Dari Allah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan surga dari Allah? Tentunya semua umat muslim berkeinginan menjalankan kehidupan di surga setelah kematian tiba bukan? Untuk mendapatkan surga kelak, Anda harus menjalankan amalan baik dan menghindari perbuatan yang dilaknat oleh Allah. Amalan baik dapat berupa menjalankan puasa, menjalankan sholat wajib dan sholat sunnah serta melaksanakan segala macam perintah Allah. Anda juga harus menghindari hal-hal yang dibenci oleh Allah demi mendapatkan surga ketika kematian menjelang. Sholat hajat dapat membawa Anda ke surga jika dilengkapi dengan amalan-amalan lainnya.

Sholat Hajat Membuat Diampunkan Dosanya Oleh Allah SWT

Dengan memperbanyak sholat dan ibadah lainnya, Allah akan menghapuskan dosa-dosa para hambanya. Memperbanyak sujud merupakan hal yang paling utama jika Anda ingin menghapuskan dosa-dosa yang pernah Anda perbuat.

Disayang Oleh Allah dengan Sholat Hajat

Tahukan Anda hal-hal apa saja yang disukai oleh Allah SWT? Allah SWT sangat suka kepada para hambanya yang gemar menjalankan amalan dan ibadah hanya demi mendapatkan ridho dari Allah. Untuk mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT, mendekatkan diri kepada-Nya menjadi awal perbuatan yang dapat dilakukan. Mendekatkan diri kepada Allah dapat dilakukan dengan memperbanyak sujud. Sholat hajat merupakan amalan yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga Allah akan memberikan kasih sayangnya kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *