Pengertian Masjid Dalam Banyak Definisi Lengkap

Pengertian Masjid Dalam Banyak Definisi Lengkap

Salah satu kegiatan dari orang-orang yang memiliki agama adalah beribadah. Beribadah dalam setiap agama jelas berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari cara-cara mereka melakukan ibadah sampai tempat-tempat melakukan peribadatan. Salah satu agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat internasional adalah agama islam. Agama islam masih menjadi mayoritas di Negara-Negara tertentu. Tidak sedikit pula Negara yang menerapkan hukum islam sebagai salah satu dasar Negara. Tempat peribadatan dari umat muslim adalah masjid. Masjid telah banyak berdiri di tempat-tempat umum untuk menunjang masyarakat muslim dalam beribadah. Baik untuk sholat jamaah, maupun sholat lainnya seperti sholat hajat (baca tata cara sholat hajat), maupun sholat sunnah lainnya. Terdapat banyak perbedaan dalam menegakkan pengertian masjid. Setiap Negara atau setiap wilayah memiliki difinisi yang berbeda terhadap masjid.

Pengertian Masjid Secara Umum

pengertian masjid
pexels.com

Pengertian masjid sendiri berbeda –beda. Dalam berbagai bentuk dan jenis masjid memiliki satu fungsi yang sama yaitu untuk tempat beribadah umat islam.  Masjid telah dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai salah satu sarana dalam melakukan peribadatan. Walau di banyak Negara berbagai definisi dari masjid dapat berbeda. Penyebutan untuk masjid sendiri juga berbeda-beda. Dalam bahasa Indonesia sendiri masjid memiliki banyak sebutan. Sebutan –sebutan tersebut biasanya berbeda di setiap daerah. Berikut beberapa sebutan masjid di Indonesia:

  1. Surau, bagi masyarakat sunda masjid sering kali disebut sebagai surau. Surau adalah sebutan untuk masjid-masjid kecil yang ada di daerah-daerah pedesaan.
  2. Langgar, masyarakat jawa selalu menyebut masjid sebagai langgar. Langgar biasanya digunakan oleh anak-anak kecil sebagai tempat untuk belajar agama atau belajar membaca al quran
  3. Mushola, mushola ini adalah sebutan banyak warga Indonesia untuk masjid-masjid kecil yang tersebarluas di seluruh pelosok Indonesia. Mushola ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding masjid
  4. Masigit, ini adalah salah satu bahasa sunda. Hampir sama dengan surau masigit ini memiliki arti yang sama dengan masjid.
  5. Meusugit, bahasa ini biasanya digunakan oleh masyarakat aceh. Aceh terkenal sebagai serambi mekah yang mana hukum islam sangat ditegakkan di sana. Hukum islam menjadi salah satu hukum terkuat yang ada disana.
  6. Masigi, masyarakat makasar biasanya menyebut masjid dengan sebutan masigi. Masyarakat makasar adalah salah satu keturuanan dari bangsa bugis. Bangsa bugis memiliki cara ucap yang tidak terlalu berbeda akan tetapi memiliki makna yang sama walau dalam segi pengucapan berbeda.

Secara umum masjd adalah tempat beribadah dari umat islam. Masjid berarti tempat bersujud pada Allah. Tempat mengadu setiap masalah dan tempat meminta segala sesuatu pada junjungan mereka. Masjid termasuk dalam tempat suci. Walau pengertian masjid berbeda-beda akan tetapi masjid tetap memiliki satu manfaat yang sama yaitu untuk tempat beribadah.

pengertian masjid
pexels.com

Sejarah Perkembangan Masjid

Islam telah berkembang pesat saat ini. Apalagi dengan banyaknya masjid yang besar, seperti yang bisa kita pelajari tentang masjid terbesar di indonesia, maupun masjid terbesar di dunia. Perkembangan tersebut tentu tidak akan lepas dari banyak nya sarana dan prasarana yang mendukung hal tersebut. Salah satunya adalah masjid. Jika diatas telah dijelaskan pengertian masjid dan sebutan masjid dari berbagai daerah maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak membahas tentang sejarah masjid. Masjid adalah salah satu komponen penting dalam perkembangan peradaban islam. Masjid pertama yang pernah dibangun adalah masjid nabawi yang ada di madinah. Masjid pertama di dunia dibangun oleh nabi Muhammad SAW. Semenjak kepindahan beliau ke madinah masyarakat madinah mulai diberi dakwah-dakwah islami oleh nabi Muhammad. Beliau memutuskan membangun masjid agar kegiatan keagamaan dan dakwah yang disampaikan beliau lebih terorganisir. Masjid yang dibangun oleh nabi Muhammad tersebut akhirnya menjadi salah satu masjid terbesar dan berada di jantung kota madinah.

pengertian masjid
pexels.com

Setelah pembangunan masjid pertama di madinah masjid-masjid lain mulai tumbuh dan bermunculan. Masjid pada awalnya hanya digunakan sebagai pusat organisasi kegiatan keislaman dalam melaksanakan dakwah-dakwah dan mencari pengikut-pengikut setia nabi muhhamad. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya islam masjid mulai digunakan sebagai pusat ibadah dari umat islam. Kegiatan  – kegiatan ibadah mulai banyak yang berpusat di masjid dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu kemajuan dalam bidang kebudayaan islam karena islam memiliki tempat peribadatannya sendiri.

Masjid-masjid mulai dibangun si hampir seluruh wilayah arab Saudi. Antara mekah dan madinah tidak terhitung berapa jumlah masjid yang telah di bangun. Di kawasan mesir mulai penuh dengan berbagai bangunan masjid yang makin lama memiliki bentuk yang unik dan menarik. Masjid tidak hanya berbentuk itu-itu saja akan tetapi seiring berkembang nya waktu masjid menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik. Pengertian masjid kini tidak lagi sebagai tempat ibadah akan tetapi telah merambah menjadi salah satu daya tarik wisata religi bagi umat islam di seluruh dunia.

pengertian masjid
pexels.com

Fungsi Masjid Dalam Masyarakat

Selain pengertian masjid yang telah cukup jelas masjid juga memiliki banyak fungsi bagi kehidupan masyarakat. Masjid tidak hanya sekedar untuk tempat beribadah saja akan tetapi masjid juga memiliki beberapa fungsi lain. Fungsi-fungsi tersebut adalah :

  1. Fungsi keagamaan

Dalam keagamaan ini telah jelas bahwa masjid adalah salah satu tempat peribadatan. Masjid menjadi tempat melakukan ibadah bagi umat muslim.setiap kegiatan keagamaan dilakukan di tempat ini. Sholat, mengaji atau hanya sekedar menghabiskan waktu untuk bertilawah. Selain hal tersebut masjid juga selalu menjadi pusat kegiatan saat masa puasa tiba. Masjid akan dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan sholat tarawih dan tadarus.  Masjid pula dijadikan sebagai salah satu tempat untuk mencari amal dan pahala.

  1. Fungsi sosial

Selain pengertian masjid sebagai tempat ibadah masjid juga sering kali digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Banyak kegiatan masyarakat dilakukan di tempat ini seperti melakukan perkumpulan-perkumpulan keagamaan dengan kegiatan musyawarah atau sekedar kegiatan untuk menentukan tujuan yang baik bagi masjid tersebut. Masjid juga sering kali digunakan sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan ijab Kabul. Banyak pasangan calon suami istri yang ingin mengesahkan pernikahan mereka di masjid. Alasan yang diungkapkan adalah masjid menjadi tempat yang lebih sakral dibanding rumah-rumah pribadi.

pengertian masjid
pexels.com
  1. Fungsi pendidikan

Hal ini sudah sangat jelas terlihat. Masjid biasanya digunakan sebagai tempat pembelajaran al quran atau tempat-tempat pembelajaran agama islam. Masjid yang terdapat di kota-kota besar memiliki manajemen yang baik untuk menunjang pendidikan yang ada dalam masjid tersebut. Pedidikan yang diberikan biasanya bervariasi. Terdapat berbagai tingkatan dalam pembelajaran di masjid. Mulai dari anak usia dini hingga pendidikan al quran atau kitap-kitap khusus. Biasanya hal tersebut disebut dengan taman pendidikan al quran yang mana setiap siswa akan belajar di sore hingga malam hari. Pelajaran yang dimiliki oleh setiap masjid berbeda akan tetapi yang paling umum adalah pembelajaran sholat yang baik, hafalan surat-surat hingga menghafal al quran dan cara membaca al quran yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *