Niat Sholat Jumat Beserta dengan Syarat Sahnya

Niat Sholat Jumat Beserta dengan Syarat Sahnya

Sholat jumat merupakan sholat wajib bagi pria muslim yang dilakukan pada hari jumat dan menggantikan shalat zuhur. Sholat jumat sendiri hanya dilakukan oleh para penganut Sunni dan tidak dilakukan oleh penganut Syi’ah. Hukum sholat jumat dan niat sholat jumat sendiri adalah wajib bagi laki-laki muslim yang sudah menginjak usia baligh, merdeka, bukan musafir dan orang-orang yang belum uzur atau memiliki halangan apapun.

Hukum Sholat Jumat Bagi Perempuan

Sholat jumat tidak dikatakan wajib bagi wanita, anak kecil, orang-orang yang sakit, terganggu jiwanya dan merupakan hamba sahaya atau budak. Di dalam menjalankan sholat jumat, Allah memberikan ancaman bagi orang-orang yang meninggalkannya. Jika kaum muslimin yang meninggalkan sholat jumat sebanyak tiga kali secara berturut-turut, hati orang tersebut akan ditutup sehingga hidayah dan rahmat akan terhalang. Mereka juga akan dianggap orang-orang yang munafik oleh Allah SWT.

Kewajiban Membaca Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat

Ketika akan melaksanakan sholat jumat, umat muslim juga wajib mengucapkan niat sholat jumat terlebih dahulu. Setelah niat diucapkan, umat muslim dapat melaksanakan sholat jumat dengan khusyuk. Niat sholat jumat dapat dilafalkan dengan menggunakan bahasa Arab maupun bahasa latin. Allah memberikan kemudahan bagi umatnya untuk melaksanakan sholat jumat sehingga amal dan ibadahnya dapat diterima oleh Allah SWT. “ Aku berniat melaksanakan sholat jumat sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah SWT “ merupakan lafalan melakukan sholat jumat.

Tata Cara

Semua sholat ada cara pelaksanannya, seperti tata cara sholat hajat hingga tata cara sholat jumat. Semua wajib untuk dipahami agar sholat menjadi maksimal dan sesuai aturan. Dari lafalan mengenai niat sholat yang dilakukan di hari jumat tersebut, kita dapat melihat bahwa sholat jumat dilakukan secara berjamaah. Sholat yang dilakukan secara berjamaah ini tentunya hanya dapat dilakukan ketika waktu sholat jumat tiba. Sebelum waktu sholat jumat tiba, umat muslim tidak boleh untuk melakukan sholat tersebut. Sama halnya dengan sholat sunnah dan sholat wajib, pelaksanaan sholat jumat memiliki tata caranya sendiri. Tata cara pelaksanaan sholat jumat dimulai ketika khatib naik ke mimbar. Waktu khatib naik ke mimbar adalah ketika waktu zuhur tiba.

Khatib akan memberi salam dan dilanjutkan dengan duduk. Setelah itu, muazin akan mengumandangkan adzan. Pada khutbah pertama, khatib akan memulai ktubahnya dengan mengucapkan kalimat hamdalah, shalawat dan pujian kepada Allah SWT. Khatib kemudian akan memberikan nasihat kepada jamaah berupa pesan-pesan yang diberikan agar manusia dapat bertindak dan bertingkah laku dengan baik di dunia, silahkan baca contoh khutbah jumat untuk lebih memahami. Setelah itu, khatib akan duduk sebentar dan memulai khutbahnya yang kedua.

Khutbah kedua yang dilakukan oleh khatib serupa dengan khutbah yang dilakukan pada saat pertama kalinya. Setelah khutbah selesai dilakukan, khatib kemudian akan turun dari mimbar. Muazin akan melakukan iqamah. Iman akan memimpin jamaah untuk melaksanakan sholat jumat sebanyak dua rakaat. Sholat jumat dilakukan dengan berjamaah, silahkan dipelajari pula hukum sholat berjamaah untuk memaksimalkan cara sholat jumat.

Sunnah-Sunnah Sebelumnya

niat sholat jumat

Agar sholat jumat dapat memberikan faedah yang diinginkan oleh umat muslim, umat muslim sebaiknya melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh agama sebelum melaksanakan sholat jumat. Berikut ini merupakan hal-hal yang dianjurkan dilakukan oleh umat muslim yang akan melaksanakan sholat jumat:

  1. Mandi
  2. Berpakaian dengan rapih
  3. Menggunakan wewangian atau parfum
  4. Memotong kuku
  5. Memangkas kumis
  6. Sikat gigi atau bersiwak
  7. Mengenakan pakaian yang baik
  8. Memperbanyak mengerjakan sholat sunah
  9. Mendengarkan khotbah dengan baik dan menjaga agar suasa berada dalam keadaan yang kondusif. Jika ada jamaah yang bercanda, tegur dengan hati-hati
  10. Memperbanyak doa
  11. Memperbanyak shalawat
  12. Bersedekah
  13. Tidak duduk dengan memeluk lutut
  14. Datang ke masjid sebelum khotbah sholat jumat

Keutamaan Sholat Jumat

niat sholat jumat

Bagi umat muslim yang melakukan sholat jumat, Allah SWT akan menghapuskan segala jenis dosa yang pernah dilakukan. Dosa-dosa yang dihapuskan oleh Allah merupakan dosa-dosa yang tidak besar. Sholat jumat dan sholat lima waktu merupakan jenis sholat yang dapat menghapuskan dosa. Dapat menghapuskan dosa bukanlah satu-satunya keutamaan dari sholat jumat. Guna mengetahui keutamaan sholat jumat lainnya, simak ulasannya di bawah ini:

1. Mencukupkan nikmat dan menyempurnakan Islam

2. Mendapatkan pahala yang besar

Sholat jumat merupakan sholat wajib bagi pria muslim. Menurut sabda Rasulullah, mandi pada hari jumat dan pergi ke masjid memiliki pahala yang serupa ketika ia berkurban dengan menggunakan satu ekor unta. Jika umat muslim pergi untuk kedua kalinya, pahala yang dia peroleh serupa dengan pahala ketika ia berkurban dengan menggunakan satu ekor sapi.

Dan untuk ketiga kalinya, umat muslim tersebut memiliki pahala yang serupa ketika berkurban dengan menggunakan satu ekor kambing yang bertanduk. Ketika imam keluar dari masjid dan menyelesaikan khutbahnya, para malaikat akan mendengarkan zikir. Dari sabda Rasulullah tersebut, kita dapat melihat seberapa besar pahala yang akan kita peroleh selama menjalankan sholat jumat.

3. Akan mendapatkan ganjaran yang serupa dengan pahala ketika menjalankan puasa dan sholat yang dilakukan selama setahun

Ganjaran bagi mereka yang melaksanakan sholat jumat tidaklah main-main. Allah berjanji kepada umatnya untuk memberikan ganjaran yang setimpal bagi umat islam yang melaksanakan sholat jumat. Allah akan memberikan pahala yang senilai dengan pahala ketika umat muslim menjalankan puasa dan melaksanakan sholat selama setahun. Dengan besarnya pahala yang diterima, sudah sepantasnya bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat jumat. Kesempatan yang besar untuk mendapatkan pahala berlipat sebaiknya dimanfaatkan dengan umat Islam yang berakal.

Bahaya Meninggalkan Sholat Jumat

niat sholat jumat

Tidak hanya memiliki keutamaan, sholat jumat juga akan memberikan imbas yang menakutkan jika ditinggalkan. Ada beberapa ancaman yang diberikan kepada Allah SWT bagi mereka yang meninggalkan sholat jumat. Berikut ini merupakan beberapa ancaman yang akan diberikan kepada Allah SWT kepada umat Islam yang meninggalkan sholat jumat:

  1. Allah menganggap bahwa umatnya telah membuang Islam di balik belakang punggungnya jika meninggalkan sholat jumat sebanyak tiga kali berturut-turut. Ancaman ini menjelaskan kepada kita bahwa Allah menganggap bahwa mereka yang meninggalkan sholat jumat telah menolak keislamannya sendiri.
  2. Allah SWT akan mengunci hati orang-orang yang meninggalkan sholat jumat. Ancaman yang diberikan oleh Allah ini berlaku pada mereka yang meninggalkan sholat jumat sebanyak tiga kali berturut-turut. Dengan hati yang terkunci, sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan pahala atas tindakannya. Allah SWT sangat membenci umat yang terkunci hatinya karena tidak dapat menilai hal-hal yang baik dan buruk. Agar kita tidak tergolong menjadi orang yang merugi, menjalankan perintah Allah dan menjauhkan segala macam larangannya merupakan hal-hal yang tepat untuk kita lakukan.
  3. Allah SWT akan mencatatnya sebagai orang yang munafik

Bagi mereka yang pernah mendengarkan azan jumatan sebanyak tiga kali dan tidak segera berkunjung ke masjid, maka orang tersebut termasuk golongan orang-orang yang munafik. Umat Islam yang tidak ingin masuk ke dalam golongan orang-orang munafik sebaiknya dengan segera pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat jumat. Datang ke masjid, melafalkan niat sholat jumat dan melaksanakan sholat wajib akan membawa kebaikan bagi para pelakunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *