Landasan Hukum Shalat Berjamaah Lengkap

Landasan Hukum Shalat Berjamaah Lengkap

Bagi penduduk islam sholat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Sholat harus dilakukan 5 kali dalam sehari. Hal tersebut merupakan kewajiban yang mana setiap umat islam harus melakukannya. Selain sholat wajib tersebut terdapat beberapa sholat sunah yang juga bisa dilakukan. Hal-hal tersebut berkaitan dengan aturan- aturan dan juga ketentuan dalam hukum islam. Inilah yang membuat tulisan hukum shalat berjamaah ini kami tuliskan.

Salam islam terdapat beberapa aturan yang tidak dimiliki oleh agama lain. Dalam agama islam aturan-aturan tersebut menentukan pahala dan amal ibadah yang akan dihasilkan atau dimiliki oleh orang yang melaksanakannya. Hal tersebut tentu memiliki aturan dan ketentuan pada masing-masing agama. Setiap agama akan memberikan reward atau punishmentpada apa yang dilakukan umatnya.

Dalam islam terdapat beberapa aturan yang bisa diterapkan oleh setiap umat. Cara peribadatan umat islam dengan umat agama lain berbeda. Dalam agama islam cara beribadah terdapat dua cara yaitu beribadah secara individu dan beribadah secara berjamaah.

hukum sholat berjamaah

Cara beribadah ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan hanya saja pahala yang akan didapatkan berbeda. Dalam hukum islam peribadatan yang dilakukan secara berjamaah dapat melipat gandakan pahala yang di dapat. Namun ada beberapa sholat sunnah yang tidak dianjurkan dengan berjamaah seperti sholat hajat (baca: tata cara sholat hajat) dan beberapa lainnya. Dalam agama islam cara beribadahnya adalah dengan melaksanakan sholat. Sholat tersebut dapat dilaksanakan secara individu maupun berjamaah.

Keuntungan Shalat Berjamaah

Beribadah menjadikan manusia lebih dekat dengan Tuhan nya. Karena dengan beribadah manusia akan merasakan bagaimana cara berinteraksi dan memasrahkan diri pada tuhan. Dalam islam sholat atau melakukan peribadatan secara bersama-sama atau berjamaah akan memberikan keuntungan tersendiri. Baik di masjid terbesar di indonesia maupun di masjid biasa atau tempat lainnya tetap mendapat pahala yang lebih besar. Berikut keuntungan-keuntungan sholat berjamaah:

Meraih Pahala Lebih Banyak

Dalam hukum islam sholat yang dilakukan secara berjamaah akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya. Salah satu keuntungan nya adalah mendapat pahala 27 kali lipat . jika sholat seorang diri di rumah hanya mendapat satu pahala maka sholat yang dijalankan secara berjamaah akan membuat amal dan pahala meningkat hingga 27 kali. Sholat yang dilakukan bersama-sama memiliki keutamaan jika dibanding dengan sholat-sholat lain. Karena hal ini banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan sholat berjamaah di masjid.

Mendapat Perlindungan Di Hari Kiamat

Seseorang yang selalu melakukan sholat berjamaah akan dijamin mendapat perlindungan di hari kiamat. Hal ini tertulis langsung di al quran. Semua sumber informasi berasal dari al  quran. Dan perlindungan di hari kiamat tersebut telah dijanjikan oleh Allah SWT. Banyak yang meyakini hal tersebut sehingga berbondong-bondong orang untuk melakukan sholat berjamaah di masjid ataupun di tempat-tempat umum lain.

hukum sholat berjamaah

Pahala Dalam Setiap Langkah

Seseorang yang berjalan dari rumah ke masjid untuk mengikuti sholat berjamaah di jamin akan mendapatkan pahala pada setiap langkah yang diambilnya. Pahala-pahala tersebut akan terus meningkat jika umat muslim tersebut rajin mengikuti sholat berjamaah. Hal ini pun telah banyak diperbincangkan dan di dukung oleh hadist-hadist atau al quran.

Shalat Berjamaah Didoakan Malaikat

Didoakan malaikat adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh umat muslim. Seseorang yang dipercaya oleh malaikat dalam melakukan kegiatan sholat berjamaah akan dijamin di kehidupan fana miliknya. Jaminan hidup di dunia fana membuat banyak orang rajin sholat berjamaah. Kekuatan doa dari malaikat tentu akan sungguh bermanfaat dan juga akan memberikan pahala yang lain untuk umat islam. Apalagi jika dalam sholat jumat dengan niat sholat jumat yang ikhlas, tentu keberkahan yang didapat menjadi lebih besar pula.

Disiplin Diri

Dalam islam sholat yang harus dilakukan secara wajib ada lima kali. Sedangkan untuk sholat-sholat sunah dapat dilakukan minimal sehari sekali. Dalam satu hari umat muslim harus melakukan enam kali ibadah. Hal tersebut akan melatih kedisiplinan diri. Selain melatih kedisiplinan diri sholat berjamaah juga akan menjaga diri dari sikap-sikap munafik dan juga sikap malas. Disiplin diri karena kegiatan sholat berjamaah tentu akan menguntungkan bagi umat itu sendiri.

Selain hal-hal tersebut masih banyak hal yang bisa di dapatkan jika terbiasa melakukan sholat berjamaah. Pahala yang lebih besar dan berkali lipat tentu akan membuat anda banyak berfikir untuk terus melakukan jhal tersebut.

Landasan Hukum Shalat Berjamaah

hukum sholat berjamaah

Sholat berjamaah bukan hanya sekedar mendapatkan pahala yang lebih banyak akan tetapi sholat berjamaah juga memiliki landasan hukum yang tepat. Hukum sholat berjamaah ini terkadang membingungkan orang-orang. Tidak semua orang paham akan landasan hukum yang terdapat pada sholat berjamaah. Hukum sholat berjamaah tesrebut antara lain:

Hukum Shalat Berjamaah Fardhu Ain

Fardhu ain adalah wajib. Dalam hukum tersebutberarti sholat secara berjamaah memang bersifat wajib dan harus di ikuti. Akan tetapi banyak orang memilih sholat secara pribadi dengan alas an tidak memiliki waktu luang yang cukup banyak untuk bisa mengikuti sholat berjamaah. Hal tersebut tentu sangat di sayangkan karena ternyata landasan hukum shalat berjamaah adalah wajib.

Fardhu Kifayah

Fardhu kifayah adalah hukum yang berlaku jika tidak ada lagi orang-orang yang mau melakukannya. Dalam fardhu kifayah jika ada satu saja orang yang melakukan sholat berjamaah atau melakukan kegiatan tersebut maka umat islam lain tidak memiliki kewajiban untuk turut melakukannya. Hal tersebut karena umat islam telah  diwakilkan oleh orang-orang tertentu sehingga orang awam tidak perlu lagi untuk melakuka hal tersebut.

Sunnah Muakkadah

Sunah ini adalah sunah pada hukum shalat berjamaah yang mana hukum tersebut harus dilakukan dan dianjurkan untuk tidak ditinggalkan. Walaupun ditinggalkan  sholat jamaah tersebut tidak akan menghasilkan dosa. Hal tersebut yang harus menjadi perhatian banyak orang karena walaupun tidak menghasilkan dosa hukum shalat berjamaah tetap harus di tegakkan. Karena sholat berjamaah akan memberikan pahala yang lebih besar di banding sholat individu.

Pentingnya Mempelajari Hukum Shalat Berjamaah

hukum sholat berjamaah

Landasan hukum shalat berjamaah tersebut tentu memiliki keutamaan dibanding dengan sholat-sholat individu lainnya. Keutamaan tersebut tidak berbeda jauh dengan banyak nya kebaikan yang didapat jika mengikuti sholat berjamaah. Keutamannya tentu saja adalah pahala yang di dapat lebih besar jika dibanding sholat-sholat individu. Hal tersebut akan memberikan banyak keuntungan bagi para umat yang menjalankan sholat berjamaah tersebut

Untuk melakukan sholat berjamaah terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satu hal yang harus di perhatikan adalah pemilihan imam. Imam tidak bisa dipilih sembarang orang karena imam adalah pemimpin dari  sholat berjamaah tersebut. Pemilihan imam yang salah akan membuat sholat yang dilakukan menjadi tidak sah. Selain pemilihan imam banyak hal lain yang harus di perhatikan saat akan melakukan shola berjamaah. Hukum shalat berjamaah menempatkan imam dibagian depan dan makmum di belakang. Pemisahan antara jamaah wanita dan pria juga harus menjadi salah satu hal yang turut diperhatikan. Dalam banyak masjid di Indonesia jamaah wanita dan jamaah pria akan dipisahkan dengan tirai atau jamaah wanita berbeda ruangan dengan jamaah pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *