Doa Akhir Ramadhan dan Amalan-Amalan yang Dianjurkan

Doa Akhir Ramadhan dan Amalan-Amalan yang Dianjurkan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam. Mengapa demikian? Bagi umat Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan dimana mereka dapat memperoleh pahala berlipat apalagi terkait dengan doa akhir ramadhan. Ketika bulan Ramadhan datang, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Allah SWT sendiri berjanji kepada umatnya untuk memberikan pahala untuk amalan-amalan yang mereka lakukan. Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki nilai yang sangat tinggi.

Pentingnya Amalan Bulan Ramadhan

Sholat sunnah yang dijalankan di bulan Ramadhan memiliki nilai yang sama dengan sholat wajib. Karena itulah, umat Islam sangat menunggu datangnya bulan Ramadhan setiap tahunnya. Maka dianjurkan memperbanyak amal dan hajat di bulan ramadhan. Pelajari pula tata cara shalat hajat sebagai ilmu tambahan untuk melancarkan hajat termasuk di Bulan Ramadhan. Ketika bulan Ramadhan akan berakhir, umat Islam biasanya memanjatkan doa akhir Ramadhan. Doa tersebut mereka panjatkan agar amalan-amalan yang mereka lakukan di bulan Ramadhan dapat diterima oleh Allah SWT. Akhir Ramadhan sendiri dapat dihitung dari sepuluh hari akhir di bulan Ramadhan.

Hikmah Akhir Ramadhan

doa akhir ramadhan

Sepuluh hari akhir Ramadhan merupakan hari dimana malam Lailatul Qadar akan datang. Malam Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari seribu malam dimana Allah SWT akan menghapuskan segala macam dosa yang pernah kita lakukan. Karena itulah, pada malam akhir Ramadhan, umat muslim sangat fokus akan ibadah dan amalan-amalan yang mereka lakukan.

Sepuluh hari terakhir Ramadhan merupakan puncak dari bulan Ramadhan. Karena malam Lailatul Qadar datang pada malam-malam akhir bulan Ramadhan, umat Islam sebaiknya melakukan banyak ibadah dan amalan pada malam-malam tersebut. Di malam sepuluh hari Ramadhan, Rasulullah bahkan membangunkan seluruh anggota keluarganya untuk melaksanakan ibadah sebanyak mungkin. Membaca doa akhir Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang dapat kita lakukan ketika malam akhir Ramadhan tiba. Membaca doa merupakan salah satu amalan yang dapat kita lakukan di akhir bulan Ramadhan. Doa-doa yang kita panjatkan dapat dilakukan pada waktu-waktu yang kita inginkan.

Amalan di Akhir Bulan Ramadhan

Selain membaca doa di akhir bulan Ramadhan, kita juga dapat memperbanyak ibadah dengan membaca Al Quran.  Ketika kita membaca Al Quran, tidak hanya pahala yang dapat kita peroleh melainkan juga ilmu dan pengetahuan akan makna-makna dari suratan Al Quran yang kita baca. Tidak hanya mendapatkan pahala, membaca Al Quran dapat membuat hari terasa lebih cepat berlalu. Hawa lapar yang dirasakan ketika berpuasa tidak akan terasa dengan jelas akibat kebiasaan kita membaca Al Quran.

Selain membaca doa dan suratan Al Quran, berikut ini merupakan amalan-amalan lainnya yang dapat kita lakukan pada akhir bulan Ramadhan:

Memperbanyak Sedekah

Melakukan perbuatan baik di bulan Ramadhan akan mendatangkan pahala yang berlipat. Hal tersebut merupakan janji Allah kepada para hambanya agar mereka selalu bertakwa kepada Allah SWT. Memberikan sedekah tidak hanya dapat dilakukan kepada orang lain tetapi dapat pula dilakukan kepada anggota keluarga yang kurang mampu. Tidak hanya akan mendapatkan pahala, bersedekah kepada anggota keluarga dapat membantu mereka dari keterbatasan. Hubungan antar anggota keluarga dapat terikat dengan erat akibat sedekah yang kita lakukan kepada sanak saudara. Memberikan sedekah kepada orang lain atau saudara tidak hanya dapat berupa materi saja. Sedekah di bulan Ramadhan dapat diberikan berupa makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Melakukan I’tikaf Di Dalam Masjid

doa akhir ramadhan

I’tikaf merupakan perbuatan yang sangat baik dilakukan ketika akhir bulan Ramadhan datang. Ketika melakukan i’tikaf, kita harus mendatangkan masjid dan melakukan perenungan atas perbuatan-perbuatan yang pernah kita lakukan demi mendapatkan ridho dari Allah SWT. I’tikaf di dalam masjid dapat dilakukan pada siang dan malam hari. Sangat dianjurkan memperbanyak baca Alquran, berdoa pada ayat-ayat tertentu, dan bisa juga melakukan sujud sajadah dan membaca bacaan sujud sajadah jika tiba pada ayat sajadah dalam Alquran.

Untuk melakukan i’tikaf, tidak ada batasan waktu dan untuk menjalankannya. Kamu bisa melakukannya di masjid kecil bahkan di masjid terbesar di dunia. Kamu juga bisa melakuak di waktu siang maupun malam untuk beri’tikaf. Selama menjalankan i’tikaf di dalam masjid, ada beberapa perbuatan yang dapat membatalkan i’tikaf, diantaranya:

  • Kesengajaan meninggalkan masjid tanpa alasan tertentu
  • Murtad ( keluar dari ajaran agama Islam )
  • Hilangnya akal yang disebabkan kegilaan atau mabuk
  • Berada pada masa nifas atau haid
  • Melakukan persetubuhan dengan pasangan
  • Pergi untuk menjalankan sholat jumat ( bagi umat muslim yang melakukan i’tikaf pada masjid-masjid yang tidak digunakan untuk menjalankan sholat jumat )

doa akhir ramadhan

Doa Akhir Ramadhan

Berbicara mengenai sepuluh hari akhir Ramadhan, ada doa-doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan ketika bulan Ramadhan akan berakhir. Doa qunut dan doa mengharapkan malam lailatul qadar merupakan doa-doa yang dianjurkan ketika bulan Ramadhan akan berakhir. Selain kedua doa tersebut, ada beberapa doa akhir Ramadhan lainnya yang dapat kita panjatkan. Untuk mengetahui akan doa-doa tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

Doa Qunut

Doa qunut merupakan doa yang kita panjatkan ketika waktu sholat subuh tiba. Doa qunut sendiri memiliki beberapa manfaat yang dapat kita rasakan, seperti:

Doa Akhir Ramadhan untuk Memberikan Petunjuk

Dilihat dari bacaan doa qunut, kita dapat melihat bahwa doa tersebut merupakan doa untuk mendapatkan pentunjuk dari Allah SWT. Ketika kita membaca doa qunut, kita nantinya akan diberikan petunjuk atas keinginan dan tujuan dari membaca doa qunut.

Mendapatkan Perlindungan Dari Allah

Tidak hanya dapat memberikan petunjuk kepada kita, doa qunut juga dapat memberikan perlindungan dari godaan setan dan bahaya.. Allah akan memberikan perlindungan kepada para hambanya yang beramal baik. Keselamatan dunia dan akhirat dapat dijamin oleh Allah dengan membaca doa qunut.

doa akhir ramadhan

Terhindar Dari Penyakit

Allah memberikan keselamatan kepada hambanya. Penjelasan tersebut dapat dilihat dari makna yang tertuang pada doa qunut.

Doa Mengharapkan Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar dipercaya akan datang pada malam-malam akhir di bulan Ramadhan. Malam yang penuh berkah ini merupakan malam yang paling ditunggu oleh umat Islam. Allah menjanjikan pahala dan dosa yang terhapus bagi hambanya yang berdoa dan melakukan amalan baik ketika malam lailatul qadar tiba. Agar kita memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan malam lailatul qadar, kita sebaiknya memanjatkan doa sebanyak-banyaknya pada kahir bulan Ramadhan.

Doa Akhir Ramahan untuk Mendapatkan Kebaikan

Ada banyak doa yang dapat kita panjatkan ketika malam akhir Ramadhan tiba. Doa untuk mendapatkan kebaikan sendiri merupakan doa yang dapat kita ucapkan ketika malam Ramadhan tiba. “ Ya Allah, jangan jadikan puasa saat ini sebagai puasa terakhir yang aku lakukan di dalam hidupku, Jika Engkau ingin melakukan hal yang sebaliknya, jadikanlah puasa yang aku lakukan merupakan puasa yang dirahmati dan bukanlah puasa yang hampa “.

“ Ya Allah, terimalah puasa yang aku lakukan dengan sebaik mungkin sehingga Engkau dapat memenangkan aku dengan segala kebaikan yang Engkau lakukan di bulan Ramadhan ini. Selamatkanlah hambamu ini ya Allah dari bencana yang akan datang di masa depan. Dengan rahmat yang Engkau miliki, golongkanlah diriku ini sebagai manusia yang beruntung merasakan malam lailatul qadar “.

“ Ya Allah, berikanlah hambamu ini petunjuk untuk menuju keridhoan yang Engkau miliki dan berilah surga kepadaku untuk tempat peristirahatanku kelak “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *